Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Bitcoin


Bitcoin adalah salah satu cryptocurrency atau mata uang digital yang hanya dapat ditransaksikan melalui jaringan internet atau global dan bitcoin ini tidak dikontrol bank atau lembaga tertentu. Bitcoin ditemukan oleh seseorang atau sekelompok orang yang mengatasnamakan dirinya Satoshi Nakamoto pada tahun 2009. Departemen keuangan Amerika menyebut bitcoin adalah mata uang yang terdesentralisasi. Bitcoinpun memperbolehkan pemiliknya tanpa memiliki identitas atau anonymous dan bitcoin dapat disimpan pada komputer pribadi dengan file wallet atau aplikasi wallet yang khusus untuk menyimpan bitcoin.


Bagaimana cara kerja Bitcoin?

Bitcoin terdiri atas 3 bagian yaitu : 

  • Block Chain 

Block chain adalah daftar - daftar transaksi bitcoin yang pernah terjadi. Jadi, apabila sebuah transaksi bitcoin tidak tercatat dalam block chain maka transaksi tersebut belum selesai. Block chain merupakan sebuah rangkaian blok. Blok tersebut berisi transaksi - transaksi baru dan terhubung dengan blok sebelumnya. Blok tersebut dapat di validasi oleh semua orang dengan mengikuti seluruh catatan rekaman transaksi tersebut.

  • Mining Bitcoin


Orang yang menambang bitcoin disebut miner. Miner memiliki tugas membuat blok baru dan blok tersebut menyimpan transaksi - transaksi baru yang terjadi. Untuk menambang bitcoin atau membuat blok baru memerlukan komputer yang memiliki kemampuan berpikir cepat dan listrik yang cukup besar maka, miner diberikan beberapa bitcoin sebagai hadiah atau kompensasi atas pekerjaan mereka membuat blok baru. 

  • Wallet 

Wallet dalam bahasa indonesia berarti "dompet". Wallet disini sebenarnya tidak untuk menyimpan bitcoin. Akan tetapi, wallet disini untuk menyimpat private key atau dalam bahasa indonesia berarti kunci pribadi yang mengijinkan pemilik untuk menambah transaksi ke block chain disebuah alamat public key dan bitcoin tersebut berupa catatan transaksi didalam block chain.

Apakah transaksi menggunakan bitcoin aman?

Bitcoin menggunakan kriptografi yang berfungsi untuk melindungi pengguna atau pemilik dari pencurian. Lalu bagaimana cara kerja kriptografi tersebut dalam melindungi pengguna? Keamanan bitcoin sebagian besar datang dari proses hashing, dan hash inilah yang menautkan blok yang satu dengan blok lainnya. Semua orang hanya dapat memeriksa tidak dapat merubah dan apabila terdapat nilai hash yang terubah maka akan berpengaruh dengan proses hash selanjutnya dan tidak tertaut. Kriptografi yang digunakan bitcoin memiliki catatan rekor keamanan yang kuat dan jaringan bitcoin kemungkinan adalah proyek perhitungan terdistribusi yang terbesar didunia.


Bagaimana mendapatkan bitcoin?

Anda dapat menambang dengan komputer anda dan bergabung dengan situs - situs yang terbukti membayar dengan bitcoin atau cryptocurrency lainnya dan dapat ditukar di market - market yang menyediakan konversi ke bitcoin. Jika anda tidak mempunyai komputer yang cukup kuat untuk menambang, investasi bitcoin adalah hal yang terbaik. Membeli di market - market bitcoin seperti Bitcoin.co.id,Luno,Triv. Anda memerlukan modal untuk membeli bitcoin dengan menggunakan ATM,internet banking,Voucher.

Berapa harga bitcoin ke IDR sekarang?

Bitcoin untuk tanggal 13/02/2018 mencapai angka 118 juta IDR/bitcoin. Sekitar 2 bulan yang lalu, bitcoin sempat tembus angka tertinggi yaitu 297 juta IDR/bitcoin hampir menembus angka 300 juta IDR/bitcoin, angka yang fantastis bukan? Hal ini yang menyebabkan banyak sekali pengguna internet yang tertarik untuk menambang atau investasi ke bitcoin.

Apa kelebihan bitcoin di banding mata uang asli?

Mata uang digital mempunyai kelebihan juga dibanding mata uang asli. Di bawah adalah beberapa kelebihan bitcoin atau mata uang digital dibanding mata uang asli.
  • Tidak ada lembaga atau bank yang mengatur atau membuat kebijakan tentang bitcoin
  • Membeli bitcoin mudah dan cepat
  • Transaksi menggunakan bitcoin secara cepat dan transparan
  • Privasi aman

Apakah di Indonesia, bitcoin illegal?

Bank Indonesia melarang seluruh sistem jasa pembayaran dengan mata uang virtual atau cryptocurrency. Bitcoin termasuk mata uang virtual jadi lewat peraturan Bank Indonesia nomor 18/40/PBI/2016, Bank Indonesia melarang untuk menukar bitcoin dengan barang dan jasa di Indonesia. Akan tetapi, belum ada aturan spesifik yang mengatur tentang cryptocurrency sebagai komoditi investasi. Bukan berarti bitcoin tidak boleh dibeli atau dijual di Indonesia, anda masih diperbolehkan membeli dan menjual bitcoin. Akan tetapi, anda tidak boleh menukar bitcoin tersebut dengan barang atau jasa di Indonesia. Seperti, membeli token listrik dengan bitcoin.

Post a Comment for "Pengertian Bitcoin"