Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bingung Cara Buat Blog? Begini Cara Membuat Blog Gratis Dan Keren


Blog saat ini sangat digemari dan diminati oleh peselancar dunia maya. Selain dalam membuatnya yang mudah dan cepat, blog juga dapat menghasilkan earning yang cukup banyak dengan menampilkan iklan . Sehingga, banyak peselancar dunia maya yang tertarik untuk membuat blog dan memanfaatkan blog tersebut. 

Blog juga dapat menjadi sarana untuk berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman atau media publikasi. Bahkan, sekarang anak - anak sekolah juga sudah diajarkan untuk membuat blog dan menulis artikel serta memanfaatkan internet dengan sebaik mungkin. Lalu, bagi kalian yang tidak tau apa itu blog? Mari saya jelaskan. Blog menurut wikipedia 

Blog adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Selanjutnya, bagaimana cara membuat blog? Ada 2 platform situs penyedia layanan  yang sering digunakan dalam membuat blog, yaitu Wordpress dan Blogger. Pada kesempatan kali ini kita akan menggunakan platform Blogger. Lalu, apa yang harus kita persiapkan dalam membuat blog? Yang terpenting, anda harus mempunyai E-mail dari Google atau Gmail. Jika anda belum punya akun Gmail, anda dapat menuju situs Gmail dan Login atau mendaftar terlebih dahulu. Yuk, simak langkah - langkah membuat blog.

Baca Juga : Cara Membuat Email.

Masuk ke situs Blogger



Step pertama, anda harus masuk ke situs Blogger dengan klik link ini atau anda dapat membuat tab baru pada browser anda dan mengetikkan http://www.blogger.com/. Lalu, setelah itu tekan "CREATE YOUR BLOG" yang terdapat pada kotak warna kuning.

Login terlebih dahulu dengan akun GMAIL



Masukan email anda yang telah anda buat atau anda miliki di tempat saya menuliskan username email saya. Saya akan masuk ke blogger menggunakan akun email saya dennysaryanto5@gmail.com. Jika anda sudah memasukan username email anda maka anda dapat menekan tombol "Berikutnya".


Anda pasti juga memiliki kata sandi atau password untuk mengakses email anda. Maka, anda harus memasukan password atau kata sandi di bawah tulisan "Masukkan sandi anda". Setelah itu, anda dapat menekan tombol "Berikutnya".


Untuk step di sini anda dapat menambahkan nomor telepon anda atau anda dapat melewatinya dengan menekan tombol "Selesai".


Mulai membuat profil blog dan URL blog



Di sini anda dapat menekan "Buat profil Blogger terbatas".

Isikan nama anda sendiri di kotak disamping tulisan "Nama Tampilan". Selanjutnya anda dapat menekan tombol "Lanjutkan ke Blogger".


Di step ini anda sudah memulai untuk membuat blog anda sendiri. Tekan "BUAT BLOG BARU" di tombol bewarna orange di tengah.


Judul : adalah nama blog anda sendiri.
Alamat : alamat adalah URL blog anda sendiri contoh : sarjana-pedia.blogspot.com jadi anda dapat memasukan alamat untuk blog anda sendiri.
Tema : adalah tampilan dari blog anda, anda dapat memilih yang telah disediakan oleh google

Saya membuat contoh dengan 
Judul : Tutorial Buat Blog.
Alamat : tekno-knowledge.blogspot.com.
Tema : Emporio.


Pada step ini anda sudah mempunyai blog dengan alamat yang saya buat tekno-knowledge.blogspot.com. Selanjutnya anda sudah dapat membuat artikel dengan menekan tombol "ENTRI BARU" pada kotak bewarna orange di bawah tulisan "Semua postingan".


Hasil akhir 



Ini adalah tampilan blog yang sudah kita buat tadi, hasilnya seperti ini.


Tema kurang greget?

Tema kurang menarik? Anda dapat mencari di Google, banyak situs - situs yang menyediakan tema blogger secara gratis walaupun ada yang berbayar atau tema premium. Kita akan menggunakan tema yang gratis saja. Anda dapat search di google dengan keyword "Free Download Theme Blogger".



Di sini banyak sekali situs yang menyediakan tema secara gratis maupun berbayar. Saya ambil contoh situs Goyaabi Template. Situs ini menyediakan berbagai macam template dari mulai blogger hingga wordpress.





Saya mengunduh template shouters di situs Goyaabi. Setelah anda unduh, anda extract juga.


Setelah anda sudah mengunduh tema, selanjutnya upload tema tersebut ke blog anda dengan cara masuk ke menu tata letak yang terdapat pada kotak bewarna merah yang saya tandai. Anda dapat masuk ke blogger.com > lalu menuju menu Tata Letak.


Nah, jika sudah masuk ke menu tata letak selanjutnya, anda menekan tombol Backup/Pulihkan di pojok kanan atas yang saya tandai di kotak bewarna merah.

Nanti akan muncul kotak seperti gambar diatas. Anda pilih Choose file dan cari dimana letak file tema yang anda exctract tadi. Upload file yang berekstensi .XML karena di dalam file XML tersebut berisi script - script yang akan mengubah template anda. Jika sudah, anda dapat klik tombol Upload. 


Selesai, ini tampilan blog kita setelah tema kita ganti.

Nah, bagaimana mudah bukan? membuat blog hanya memerlukan akun Gmail dari Google. Lalu, anda dapat Sign In dengan akun email tersebut di situs Blogger. Selanjutnya, anda sudah dapat untuk membuat artikel dan mulai mengetik pada halaman yang sudah disediakan. Terima kasih telah membaca artikel saya, semoga bermanfaat bagi anda para pembaca dan anda dapat membagikan artikel ini kepada teman - teman anda supaya teman anda juga mendapat pengetahuan tentang cara membuat blog dengan menekan tombol share dibawah.

1 comment for "Bingung Cara Buat Blog? Begini Cara Membuat Blog Gratis Dan Keren"

  1. thankq atas infonya bang
    jangan lupa bergabung di situs rans4d penuh dangan permainan menarik
    rans4d

    ReplyDelete